slide show



Rabu, 05 Juni 2013

10 Derby terpanas di dunia

1.El Superclasico (River Plate vs Boca Juniors)

 El Superclasico, merupakan judul derby terpanas di liga Argentina. Kedua tim memang memiliki segudang prestasi yang sangat banyak. Wajar saja bila kedua tim pede dan berbangga diri sebagai tim papan atas di negaranya.
Boca Juniors juga merupakan tim yang pernah di bela salah satu legenda sepakbola dunia yaitu Diego Maradona.
Tidak mau kalah soal pemain, River Plate juga memiliki pemain bernama Ocampos yang berusia 17 tahun. Bintang muda berbakat ini kabarnya sedang di incar Bacelona, Real Madrid, dan AC Milan.
Namun, di tahun 2011 merupakan tahun keburukan bagi Rive Plate. Pasalnya, tim tersebut baru pertama kali merasakan terdegradasi. Hal tersebut membuat kerusuhan usai pertandingan terakhir liga Argentina. Namun, di tahun 2012 River Plate berhasil naik kembali ke kasta tertinggi liga Argrntina.

 2.Old Firm (Celtic vr Ranger)  

 Liga Skotlandia juga memiliki derby panas. Celtic vs Ranges. Keduanya merupakan tim papan atas liga setempat.

Derby Old Firm ini merupakan derby sarat agama. Pendukung Celtic umumnya merupakan Katolik sedangkan Rangers merupakan Protestant.

Keduanya bukan saja bersaing sejak abad 19. Hingga sekarang kedua tim masih terus bersaing dan beradu gengsi di derby Old Firm ini.

Tapi Celtic patut berbesar hati. Pasalnya Celtic merupakan satu-satunya tim Skotlandia yang pernah menjuarai Liga Champion Eropa tahun 1967/68.


3.Moscow Derby (Lokomotiv vs Spartak)  
  Derby ini melibatkan empat klub yang bermarkas di ibukota Rusia itu. Mereka adalah CSKA, Dynamo, Lokomotiv dan Spartak. Dari keempat klub tersebut, yang dianggap sebagai the weakest link adalah Lokomotiv. Tiga lainnya sudah mengumpulkan sederet trofi, namun tidak demikian dengan Lokomotiv. Moscow derby tidak hanya berlaku untuk sepakbola tapi juga untuk hoki es dan juga melibatkan keempat klub itu.


4. Derby Madrid (Real Madrid vs Atletico Madrid)
 Pecinta sepakbola pasti tidak ada yang tidak tahu Derby Madrid ini. Derby ini merupakan derby besar bagi masyarakat Spanyol terutama kota Madrid ibukota Spanyol.
Derby ini sangat panas. Kerap terjadi pertandingan keras saat pertandingan ini disajikan.
Bicara soal kemenangan, memang Real Madrid masih meraja rela. Dari 23 pertandingan derby Madrid, Real madrid telah meraih 17 kali kemenangan.
Dari segi prestasi pun Real Madrid masih jauh melayang di atas Atletico Madrid.
Tapi, jika membicarakan soal fanatisme suporter memang Atletico Madrid memiliki suporter yang sangat loyal. Berbeda dengan El Real yang suporternya selalu menuntut kemenangan setiap laga. Wajar saja sering kita melihat para pemain Real Madrid menjadi bahan ejekan suporternya sendiri kala pemainnya bermain jelek.

5. Derby Della Capitale (AS Roma vs Lazio)
 Liga Serie-A memang selalu menyajikan pertandingan menarik. Salah satunya adalah derby Della Capitale. AS Roma vs SS. Lazzio. Kedua tim asal ibukota Roma tersebut memang sudah lama saling beradu dalam gengsi.
Derby ini sendiri pertamakali di gelar tanggal 8 Desember 1929. Saat itu AS Roma menang dengan skor 1-0 hasil torehan gol dari striker Rodolfo Volk. Sedangkan Lazio pertamakali memenangi derby ini tanggal 23 Oktober 1932 dengan skor 2-1. Gol Lazio saat itu dicetak Demaria dan Castelli, sedangkan gol Roma ditorehkan Volk.
Rivalitas ini terjadi karena kedua tim berada di satu kota. Selain itu, Lazio merupakan tim yang ingin berdiri sendiri dan mandiri yang tidak ingin bergabung dengan AS Roma. Perlu kita ketahui, AS Roma merupakan gabungan 3 klub di kota Roma  yaitu Alba-Audace, Fortitudo dan Roman.
Hal tersebutlah yang membuat pertandingan panas saat kedua tim bertemu.

6.Derby Della Mole (Juventus vs Torino)
 Derby kota Turin memang merupakan derby yang bisa dibilang berat sebelah. Bukan meremehkan rival Juventus yaitu Torino. Namun bicara fakta, Juventus memang masih lebih jauh lebih baik dari Torino. Sinyonya Tua, julukan Juve merupakan tim Italia yang memiliki koleksi gelar scudetto paling banyak.
Bicara dari grafik memang Juventus masih jauh perkasa di banding Torino. Total pertemuan kedua tim selama ini di semua ajang ialah 225 pertandingan. Juventus memnangkan 91 pertandingan dan Torino meraih 3 angka sebanyak 72 kali sedangkan lainnya berakhir seri.
Menurut fakta juga menuturkan soal suporter bahwa mayoritas suporter Torino merupakan orang kelas menengah kebawah. Berbeda dengan Juventus yang memiliki suporter menengah keatas. Dari sisi finansial, Juventus memang jauh lebih baik.

7. Derby Della Madoninna (Inter Milan vs AC Milan)   
 Bagi pecinta sepakbola khususnya liga Italia pasti tidak ingin melewatkan laga derby terpanas Derby Della Madonnina. Laga yang mempertemukan AC Milan dan Inter Milan ini memang sering menyajikan pertandingan sangat seru. Tak jarang pertandingan keras pun tersaji.
Cerita tentang lahirnya persaingan antara kedua klub bermula tanggal 16 Desember 1899 dimana waktu itu hanya ada Klub Kriket dan Sepakbola Milan yang didirikan oleh Alfred Edwards. Saat itu ia menjadi presiden dari Klub Kriket dan Sepakbola Milan. Dibantu oleh Herbert Kilpin yang menjadi kapten klub sepakbola. Pada 9 Maret 1908, perselisihan mengenai dominasi pemain Italia dan Inggris di klub Ac Milan menyebabkan sekumpulan orang Italia dan Swiss memecahkan diri dari Ac Milan untuk membentuk klubnya sendiri. Nama Internazionale diambil karena pendirinya ingin membuat satu klub yang terdiri dari banyak pemain dari negara luar. Pada era itu, Inter identik dengan kaum borjuis sedangkan Milan dengan kelas pekerjanya. Ternyata selain berbeda visi, suporter kedua tim juga memiliki perbedaan stratifikasi sosial yang menjadi alasan mengapa persaingan kedua klub kota Milan ini begitu panas.

8. Merseyside Derby (Liverpool vs Everton) 
 Disebut Merseyside Derby karena Liverpool dan Everton sama-sama berasal dari daerah Merseyside di kota Liverpool. Kadang juga disebut The Friendly Derby karena dalam satu keluarga kadang terdapat dua kubu, antara pendukung Liverpool dan Everton. Di tingkat teratas sepakbola pro Inggris, derby ini pertama kali terjadi pada 1962, ketika Liverpool pertama kali menembus Divisi Utama. Di Ingris mungkin hanya Pertandingan antara Liverpool kontra Manchester United yang bisa mengalahkan panasnya pertandingan ini.

9. North London Derby (Arsenal vs Tottenham)
 Tiap tahun, Arsenal dan Tottenham Hotspurs memperebutkan gelar tak resmi: Siapa yang menjadi raja di London Utara? Kedua klub ini pertama bertemu di dalam sebuah pertandingan persahabatan pada 11 November 1887. Ketika itu, Arsenal masih memakai nama Royal Arsenal.





10. Derby de Manchester (Manchester United vs Manchester City)
 Inilah Derby terpanas di jagad persepakbolaan Eropa bahkan Dunia, yaitu antara Manchester City melawan Manchester United. Bagaimana tidak, Rivalitas kedua tim ini sudah kadung menjalar sejak dulu, bahkan saat manchester masih bernama Newton Health, kedua tim sudah saling ngotot untuk dapat memperlihatkan kekuatan mereka. Maka tak heran jika dalam pertandingan , wasit sering banyak mengeluarkan kartu.

1 komentar:

  1. “PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN RATE”

    Syarat dan ketentuan yang berlaku :
    ✔ Untuk melakukan deposit via pulsa, member diwajibkan menghubungi live chat / whatsapp BOLAVITA terlebih dahulu
    ✔ Minimal Deposit via pulsa Rp 25.000 untuk mengikuti promo ini minimal deposit pertransaksi adalah Rp 100.000, Maksimal deposit Rp 1.000.000 provider yang kami terima saat inii hanya telkomsel dan XL/AXIS
    ✔ Member yang melakukan deposit via pulsa tanpa potongan tidak bisa claim BONUS NEW MEMBER, bonus harian akan tetapi tetap mendapatkan BONUS ROLLINGAN / CASHBACK

    Dengan adanya customer service 24 jam NONSTOP , akan membantu anda apabila mengalami kendala .

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    BalasHapus