slide show



Sabtu, 18 Mei 2013

Julukan Beberapa Pesepakbola di Eropa


Tidak sedikit para pemain sepakbola dunia yang memiliki julukan yang diberikan oleh para fansnya ataupun rekan-rekan setimnya ataupun oleh media. Banyak cerita yang melatar belakangi suatu julukan itu disematkan pada seorang pesepakbola, Karena prestasinya, Gaya permainanya, Sikapnya dilapangan hijau atau bahkan kesalahan-kesalahan fatal yang dia lakukan dalam suat pertandingan. Hal itu juga yang membuat mereka mudah dikenal dan mudah diingat tentunya. 

1.  Arjen Robben – Manusia Kaca 

 

Arjen Robben (lahir di Bedum, Groningen, Belanda, 23 Januari 1984, umur 28 tahun). Julukan atau nama panggilan ini diberikan karena winger asal Belanda dan sekarang bermain untuk Bayern Muenchen ini memang rentan cedera. Meski mempunyai talenta dan skill yang tak diragukan, karir Robben tak berjalan lancar karena sering dihantam cedera.

2. Alexandre Pato - Si Bebek

 

Nama asli pemain asal Brasil ini adalah Alexandre Rodrigues da Silva. Ia lahir pada 2 September 1989. Usianya terbilang masih sangat muda. Tapi, bakatnya sudah luar biasa. Dinamakan "Si Bebek" karena ternyata Pato lahir di kota Pato Branco, Paraná Brazil. Apa hubungannya dengan bebek? Oh, ternyata Pato Branco itu artinya kota Bebek Putih.
Bebek pasti berjalan sangat lambat. Tapi tidak dengan Si Pato, bintang muda Ac Milan ini. Pato terbilang sangat gesit dalam berlari, mengejar, menggiring, bahkan menceploskan bola ke jala lawan. Setiap bek atau kiper lawan harus mewaspadai bebek yang satu ini. Ia akan memberikan ancaman serius bagi lawan-lawannya. Pato diyakini banyak pihak bakal menjadi pesepakbola terbaik dunia pada suatu waktu. Si Bebek punya talenta luar biasa!

3. Zlatan Ibrahimovic - Ibracadabra 


Zlatan Ibrahimović (lahir di Malmö, Skåne län, Swedia, 3 Oktober 1981). Zlatan Ibrahimovic memiliki julukan yang cukup lucu, "Ibracadabra". Anda tentu pasti sering mendengar kata "Sim Salabim Abracadabra" dalam sebuah pengertian sihir atau mistis bila seseorang akan mengubah sesuatu yang diharapkan. Nah, di dunia sepakbola, pemain sekaliber Ibra mampu menyihir bola yang ada di kakinya atau di kepalanya bisa berbuah gol-gol indah, fantastis, dan tentunya bombastis.
Ibra telah menyihir sebagian penikmat sepakbola dengan aksi-aksi brilian dan cantik yang diperagakan di setiap pertandingan. Striker Ac Milan itu memang pantas disebut sebagai salah satu pesepakbola handal abad ini. Kala para pendukung mengucapkan "Ibracadabra", maka sang dewa itu akan mempersembahkan yang terbaik buat mereka.

4. Wayne Rooney - Shrek

 

Wayne Mark Rooney (lahir di Croxteth, Liverpool, Inggris, 24 Oktober 1985). Striker Manchester United Wayne Rooney ternyata dianggap memiliki rupa yang buruk. The Sun edisi Minggu (4/2/2007) pernah memasukkan nama penyerang tim nasional The Three Lions itu sebagai atlet paling buruk rupa. Laporan itu didasarkan pada polling yang dilakukan oleh sebuah lembaga riset Onepoll. Rooney mendapat suara terbanyak, sebesar 34 persen, dari empat ribu wanita yang diidentifikasi menyukai olahraga.
Rooney ternyata memiliki salah satu julukan unik, yaitu Shrek. Julukan ini merujuk pada tokoh kartun monster yang warna tubuhnya hijau dan memiliki buruk rupa. Seperti halnya Shrek, buruknya rupa tak mengahalangi kemampuan dirinya dalam menggaet sang pujaan hati. Ya, Rooney mampu menikahi Coleen McLoughlin yang dikenal sebagai salah satu perempuan seksi di Inggris.


5. Mesut Ozil - Si Burung Hantu (El Buho)



Mesut Özil (alternatif penulisan Mesut Oezil, lahir 15 Oktober 1988; umur 23 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Jerman keturunan Turki. Ia bermain di klub Real Madrid sejak Agustus 2010. Posisi utama dalam kesebelasan adalah sebagai gelandang serang. Di Spanyol ia mendapatkan julukan El Búho (Si Burung Hantu) karena kemampuan operannya yang teliti meliputi sudut yang luas. Dia termasuk pemain muda paling potensial menurut FIFA.

6. Fernando Torres - El Nino




Fernando José Torres Sanz (lahir di Fuenlabrada, Comunidad de Madrid, Spanyol, 20 Maret 1984. Pertama kali julukan El Nino pun disematkan pada striker produk asli Atletico Madrid itu. Mengacu pada julukannya, setiap sepak terjang Torres jelas menjadi pembawa bencana bagi lawannya. Dia sangat tajam bila berada didalam kotak penalti.


7. David Villa- El Guaje (The Kid in Asturian)




Villa mengawali karir sepakbolanya di UP Langreo pada tahun 1991. Tetapi orang-orang lebih mengenalnya ketika ia singgah di Sporting Gijon delapan tahun setelah itu. Kemudian, di tahun 2003 Real Zaragoza mendatangkannya. Hanya bertahan dua tahun di Zaragoza, Valencia mulai berminat dengan kemampuan bermain bola ayah dua anak ini yang kemudian berhasil membeli Villa di musim panas 2005 dengan nilai transfer sebesar 12 juta Euro. Dan akhirnya, sesaat sebelum Piala Dunia 2010 dimulai, Barcelona merekrutnya untuk bergabung ke Camp Nou. Singkatnya, David Villa tidak pernah berkarir di luar klub sepakbola Spanyol.


8. Iker Casillas - San Iker,





Iker Casillas Fernández (lahir di Móstoles, Madrid, Spanyol, 20 Mei 1981; umur 30 tahun). Dia merupakan kiper andalan Real Madrid dan Timnas Spanyol.
Selama Piala Dunia 2010, Casillas total hanya dua kali kebobolan. Sekali dalam pertandingan perdana Spanyol melawan Swiss, dan sekali dalam pertandingan melawan Chile. Keduanya terjadi pada babak kualifikasi grup.Selanjutnya, pada babak perdelapan final melawan Portugal, perempat final melawan Paraguay, semifinal melawan Jerman, sampai final melawan Belanda, tak satu kali pun gawang Spanyol kebobolan. Ini membuat julukan ‘Santo Iker’ semakin lekat dengan sosok Casillas. Ia dianggap sebagai penyelamat nomor satu Spanyol.“Casillas tidak suka dibilang Santo (orang suci), bukan sama sekali. Dia hanya mempunyai banyak pengalaman setelah cukup lama menimbanya,” katanya merendah tentang kemampuan fantastisnya dalam menjaga gawang Spanyol.
Julukan 'Saint Iker' disematkan para fans kepada Iker Casillas berkat kepiawaiannya melakukan penyelamatan gemilang guna membantu tim menuju kemenangan. Siapa kira kalau yang bersangkutan sebenarnya merasa keberatan dengan julukannya.
Casillas adalah pilar tangguh yang sulit ditaklukkan di bawah mistar gawang Real Madrid, atapun timnas Spanyol. Maka para pecintanya pun membanjiri kiper 27 tahun itu dengan puja-puji, termasuk menggelari dia dengan sebutan 'Saint Iker'.

9. Gonzalo Higuain - El Pipita
“El Pipita” dikenal dengan kecepatan di sepertiga lapangan, kemampuan yang sangat mencolok, dan keakuratan pengoperan bolanya. Caranya yang cepat, elegan, dan bakat untuk mengambil keputusan membuat Higuaín berkembang dengan baik di dunia sepakbola saat ini.

10. Luis Suárez- El Pistolero
Luis Alberto Suárez Díaz (lahir di Salto, Uruguay, 24 Januari 1987). Dia lebih dikenal dengan nama Luis Suarez dengan julukan “El Pistolero”, merupakan striker yang terkenal dengan kemampuannya menggiring bola dan menciptakan peluang untuk rekannya.
Suarez juga terkenal dengan temperamennya yang buruk saat dia bermain di Ajax Amsterdam dan diberikan julukan “Cannibal of Ajax” karena menggigit bahu pemain PSV Otman Bakkal pada pertandingan. Suarez dihukum tujuh pertandingan akibat pelanggaran tersebut.  

11. Mario Balotelli - Super Mario
Mario Balotelli  merupakan seorang pemain sepak bola  berkebangsaan Italia yang bermain sebagai striker di klub Manchester City pada Liga Primer Inggris dan Timnas Italia. Ia lahir di Palermo pada 12 Agustus 1990. Balotelli memiliki tinggi badan sekitar 188 cm. Dia memiliki ciri khas yaitu selalu berekspresi “dingin” saat mencetak gol. Dia juga mendapat julukan “ Super Mario “.  
Balotelli mengawali karir juniornya pada tahun 2001 di klub Lumezzane. Lalu, pada tahun 2005 dia telah bergabung di tim senior Lumezzane. Pada tahun 2006, dia pindah ke tim Internazionale ( Inter Milan ). Pada tahun 2010, dia pindah ke Manchester City. Balotelli mengawali karir di timnas Italia pada tahun 20.
12. Antonio Casano - Peter Pan
Cassano adalah striker yang mengundang perhatian dunia karena skill nya yang mumpuni. Sayangnya, Cassano juga dikenal sangat temperamen, pemarah dan suka berbuat seenaknya. Hal itu yang membuat dia mendapat julukan Peter Pan, tokoh fiksi yang selalu bertingkah layaknya bocah dan susah diatur. Seorang pemuda yang tak pernah berkembang menjadi lebih dewasa.
Itu beberapa deret nama pemain tingkat dunia sekaligus julukannya di dapat oleh pemain-pemain tersebut. Sehinggga masyarakat merasa julukan tersebut hanyalah lelucon belaka.

0 komentar:

Posting Komentar